Monday, February 6, 2012

hantaran pernikahan ala BEE

Hantaran pernikahan sejak lama telah menjadi tradisi di masyarakat. Oleh orang jawa, hantaran pernikahan sering disebut 'peningset' yang artinya 'pengikat'. Peningset memiliki makna bahwa pihak pengantin laki-laki mampu memberikan nafkah kepada pengantin perempuan. Hantaran pernikahan juga sering disebut seserahan, diserahkan bersamaan dengan mahar atau maskawin.





Isi hantaran sangat beragam. Jenis dan jumlahnya disesuaikan dengan permintaan pihak pengantin perempuan, adat istiadat, juga kemampuan pihak lelaki. Hantaran untuk mahar biasanya berisi seperangkat alat sholat, termasuk Al Qur'an. Namun tak jarang dirupakan kitab tafsir, riyadhus shalihin, shirah, atau kitab lain. Ini memiliki makna bahwa pihak pengantin lelaki yang nantinya menjadi nahkoda saat mengarungi bahtera rumah tangga akan berpegang pada apa yang dibawanya saat ijab qobul hendak diikrarkan. Hantaran yang lain berisi kebutuhan sehari-hari seperti kain, pakaian, tas, sandal/sepatu, handuk dan alat mandi, kosmetik, dan lingerie. Orang jawa biasanya juga memberikan hantaran jarik yang sebenarnya ditujukan untuk ibu atau nenek dari pengantin perempuan sebagai simbol bahwa pengantin lelaki ketika menikahi pengantin perempuan, ia juga ''menikahi'' keluarganya. Yang terakhir ini sanadnya tidak jelas ^^ tetapi perlu untuk diketahui. 

Dahulu hantaran pernikahan dirangkai menjadi berbagai macam bentuk. Bentuk angsa, kelinci, kupu-kupu, gurita, gajah, dan binatang lain yang biasanya kita jumpai di Gembiraloka. Untuk mendapatkan bentuk-bentuk unik seperti itu, diperlukan jarum pentul dan aksesori dari kain flanel/felt yang biasanya dipasang dengan lem. Sudah bisa ditebak, bahwa merangkai semacam itu merusak isi hantaran itu sendiri. Kini orang-orang modern menyadari bahwa lebih penting baginya untuk membuat rangkaian sederhara dan cukup menjadikan tali pita dan kertas tebal berpola sebagai alat wrapping mereka. pun dengan BEE. Kami lebih banyak bermain pada bentuk-bentuk sederhana dan manisnya boks/aksesori. BEE mencoba menghadirkan hantaran pernikahan yang modis, tetapi ekonomis. Dengan cara ini BEE membuat momen-momen berharga anda semakin manis. have a nice wedding! lihat hantaran pernikahan


2 comments:

  1. Pertamax...!
    Sukses sist...
    Bee hadir dengan resolusi hantaran yg aman sederhan namun tetep elegan,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sist/bro atas kunjungannya :) produk2 tawonMart boleh juga tuh kayaknya buat isi hantaran

      Delete